ubs trend

all topics

share

Feb 21, 2017

trend

Cara Mengembalikan Kilau Perhiasan Emas

Kilau emas memang tidak akan mudah pudar seperti perhiasan perak. Tapi bukan berarti kilau perhiasan emas Sahabat Emas akan bertahan sangat lama. Seiring dengan pemakaian, lama kelamaan kilau emas akan tertutupi oleh debu dan kotoran sehingga perhiasan akan tampak kusam. Jika hal itu terjadi, Sahabat bisa mengembalikan kilau perhiasan emas sendiri, tanpa harus pergi ke toko emas. Berikut ini beberapa cara untuk mengembalikan kilau perhiasan emas Sahabat Emas.

Rendam dengan amonia

Amonia dikenal efektif untuk membersihkan emas. Tapi penggunaan amonia juga tidak boleh berlebihan karena bagaimanapun amonia bersifat korosif. Cara penggunaan amonia untuk mengembalikan kilau emas Sahabat adalah dengan mencampurkan amonia dengan air dengan perbandingan 1:6. Selanjutnya Sahabat Emas dapat merendam perhiasan emas selama 1 menit. Ingat, jangan merendam lebih lama dari yang disarankan karena amonia bersifat korosif. Setealh direndam, Sahabat bisa membilasnya dengan air bersih dan keringkan dengan kain lembut. Untuk perhiasan yang mengandung platinum atau mutiara tidak disarankan menggunakan amonia.

Bersihkan dengan pasta gigi

Selain bisa mengilaukan gigi Sahabat, ternyata pasta gigi juga bisa mengembalikan kilau emas. Pasta gigi mengandung zat abrasif ringan yang dapat melunturkan kotoran. Cara menggunakan pasta gigi untuk mengembalikan kilau emas Sahabat adalah dengan mencampurkan 2,5cm pasta gigi dengan sedikit air agar teksturnya lebih cair. Selanjutnya, gosok perhiasan emas Sahabat dengan pasta gigi tersebut menggunakan sikat lembut. Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain lap lembut.

Cuci dengan sabun cuci piring

Selain kedua bahan di atas, Sahabat Emas juga bisa mengembalikan kilau emas dengan mencucinya menggunakan sabun cuci piring. Caranya, teteskan sabun cuci piring cair ke dalam mangkuk berisi air hangat. Lalu, rendam perhiasan emas ke dalam larutan air sabun selama 15 menit. Kemudian, bersihkan dengan menggunakan sikat lembut. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap kain yang lembut.

Bagaimana Sahabat Emas? Mudah kan cara mengembalikan kilau emas?

Tags: Trend, Woman, Gold, Stylist

share

Dec 23, 2016

trend

Cara Merawat Perhiasan Emas

Perhiasan emas merupakan investasi. Maka, tidak heran jika hampir semua orang menyukainya. Tidak hanya sebagai investasi yang memiliki nilai tinggi, perhiasan emas juga dapat menunjang penampilan si pemakainya. Karena itu, perhiasan emas perlu dirawat dengan baik agar kualitas dan kilaunya tetap sempurna. Anda tidak perlu bingung bagaimana cara merawat perhiasan emas karena perawatan perhiasan emas bisa dilakukan di rumah dengan cara yang cukup mudah.

  • Pertama, sedapat mungkin hindarkan perhiasan emas Anda dari parfum, kosmetik dan bahan-bahan lain yang dapat menimbulkan reaksi kimia pada perhiasan emas Anda. Kandungan dari benda-benda tersebut dapat membuat perhiasan emas menjadi kusam atau bahkan menghitam.
  • Kedua, jika perhiasan emas Anda terlihat kotor, segera cuci agar kotoran tidak menempel terus menerus. Apalagi jika perhiasan emas sering digunakan, maka harus sering untuk dibersihkan. Cara membersihkannya cukup mudah. Gunakan air hangat yang telah dicampur dengan sedikit detergen. Rendam perhiasan emas Anda selama beberapa saat. Sikat dengan sikat lembut untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel. Jika dirasa sudah bersih, bilas lagi dengan air hangat. Keringkan dengan kain lap yang lembut dan mudah menyerap air.
  • Ketiga, simpan perhiasan emas Anda di kotak khusus perhiasan. Atau bisa juga disimpan dengan dibalut kain berbahan lembut sebelum disimpan. Letakkan di tempat yang kering dan tertutup. Lebih baik lagi jika di dalam tempat penyimpanan diberi silica gel agar tidak lembab sehingga kondisi emas tetap terjaga sempurna.

Meskipun perawatan perhiasan emas cukup mudah dilakukan sendiri, tapi dalam prosesnya harus dilakukan dengan cermat. Perawatan perhiasan emas yang salah, dapat menyebabkan kualitas emas menurun sehingga nilai jualnya dapat menurun pula.

Tags: Trend, Woman, Gold, Stylist